Update PES 6, Game PC, Android apk, Software Ringan, Film, Tutorial dan Informasi

Alasan Mengganti Domain Blogspot Ke Domain Sendiri

by Unknown , at 2:17 pm , have 0 komentar
domain pribadi
Alhamdulillah, Blognya Ardias Irfan kini sudah berubah alamat dari yang dulu www.ardias12.blogspot.com menjadi www.ardiasblog.com. Saya sangat bersyukur akhirnya saya bisa mempunyai domain pribadi. Domain ini adalah domain berbayar dari Namecheap dan saya harus menebus domain ini dengan harga $10.68. Lumayan murah untuk dapat membuat blog menjadi lebih profesional, lagipula uang yang saya gunakan tersebut dari hasil jerih payah saya memonetasi blog ini. Blogger newbie seperti saya mempunyai domain sendiri adalah sebuah kebanggaan. Domain ini sebagai bentuk keseriusan saya setelah 1 tahun nge-blog dan mendapat perhatian dan tempat khusus di hati pengunjung.

Setelah 1 tahun nge-blog sambil monetasi blog, akhirnya sejumlah recehan uangpun terkumpul ke rekening PayPal saya yang belum terverifikasi sampai sekarang. Sayapun berfikir daripada uang di PayPal tidak dapat dicairkan, lebih baik untuk membeli domain. Ternyata ada juga jasa registrasi domain yang menerima pembayaran dari akun PayPal yang belum terverifikasi, dialah Namecheap (recomend). Berbagai alasan saya kenapa mengganti domain blogspot ke domain pribadi mungkin dapat pula menjadi manfaat mempunyai domain pribadi.

Alamat yang singkat dan mudah diingat

Jelas sekali, saat kita memiliki domain pribadi pasti URL akan lebih singkat. Berbeda saat kita numpang kepada Blogger atau Wordpress, maka kita akan memiliki subdomain blogspot atau wordpress. Dengan domain sendiri, URL yang singkat akan mudah diingat oleh pengunjung yang datang di blog kita. Hal tersebut juga akan mempengaruhi pengunjung untuk datang kembali ke blog kita karena mereka sudah hafal URL blog kita.

Lebih profesional

Memiliki domain sendiri akan meningkatkan kredibilitas dari blog kita sehingga terlihat lebih profesional dan terpercaya. Situs/blog terlihat lebih mandiri dan mengurangi persaingan terhadap pesaing dengan nama yang sama. Blog sobat yang menggunakan domain gratisan akan lebih dicurigai sebagai spam karena penggunaan domain gratis untuk spam sangat tinggi. Hal ini terjadi di blog saya Amazon Shop yang dihapus Google karena dicurigai melakukan spam, padahal blog baru 3 hari dan saya sendiri hanya share blog tanpa spaming yang berlebihan. Spam adalah kegiatan yang melanggar peraturan Blogger dan Google.

Tidak dibatasi aturan-aturan yang mengikat

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa ada salah satu blog saya yang dihapus Google karena dicurigai melakukan spam. Ada pepatah mengatakan "dimana bumi berpijak, disitu langit dijunjung". Jika kita numpang di Blogger atau Wordpress tentunya kita harus taat terhadap peraturan-peraturan yang dibuat. Berbeda jika kita mandiri yaitu dengan membeli domain pribadi tanpa numpang domain Blogger/Wordpress. Kita hanya mendapatkan sedikit batasan dan membuat blog atau situs komersil akan lebih nyaman.

Membangun merk usaha (branding)

Kita harus bisa mendapatkan domain yang sesuai dengan usaha atau tujuan kita sebelum domain tersebut jatuh ke tangan pesaing sobat. Oleh karena itu jika kita sudah memiliki domain dengan nama/merk dagang yang sesuai, artinya kita sudah mengamankan 50% konsumen di dunia maya. Domain yang sudah sobat sewa tidak akan bisa digunakan orang lain dengan nama yang sama, kecuali orang tersebut membelinya langsung dari sobat.

Investasi yang menguntungkan

Tidak dipungkiri nama domain juga dapat menjadi investasi yang menguntungkan. Biasanya harga sewa domain sekarang memang murah, tapi jika kita memperoleh nama domain yang populer diinternet tentu harganya akan lebih mahal. Misalnya domain industri, keuangan atau belanja yang harganya di tempat jasa registrasi domain bisa mencapai jutaan rupiah per satu tahun. Beberapa contoh domain yang harganya selangit antara lain Business.com yang terjual senilai 63 milyar rupiah tahun 1999 setelah delapan tahun kemudian terjual kembali dengan harga 3,1 triliun rupiah. Atau Insure.com pada tahun 2009 terjual senilai 144 milyar rupiah. Juga Fund.com terjual setahun sebelumnya dengan harga 90 milyar rupiah. Bagaimana, sobat mau membeli salah satu domain tersebut?

Dari manfaat-manfaat di atas sebaiknya kita juga memperhatikan dalam pemilihan nama domain yang akan kita gunakan. Jangan sampai jika tujuan kita menjual sepatu, kita membeli domain dengan nama murahmeriah.com, akan lebih baik jika kita memilih nama domain tokosepatu.com. Mungkin hanya itu alasan-alasan saya mengganti domain blogspot ke domain pribadi. Bagi sobat yang ingin memiliki domain sendiri, mungkin alasan-alasan di atas dapat memperkuat keinginan sobat memiliki domain pribadi. Sekian dan terimakasih.


Alasan Mengganti Domain Blogspot Ke Domain Sendiri
Alasan Mengganti Domain Blogspot Ke Domain Sendiri - written by Unknown , published at 2:17 pm, categorized as Informasi . And have 0 komentar
No comment Add a comment

> Berkomentarlah sesuai dengan topik yang dibahas
> Jangan memberi link aktif saat berkomentar
> Dilarang promosi suatu produk saat berkomentar
> Gunakan ID saat berkomentar
> Selamat berkomentar dan terimakasih karena telah berkomentar

Cancel Reply
GetID
//go.ad2up.com/afu.php?id=618162
Copyright ©2015 Ardias Blog
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->