Update PES 6, Game PC, Android apk, Software Ringan, Film, Tutorial dan Informasi

Tips dan Cara Bermain Gitar Secara Otodiak

by Unknown , at 4:53 pm , have 10 komentar

Gitar
Gitar adalah alat musik yang bisa dibilang merakyat. Itu karena harga gitar yang terbilang murah dan bisa disesuaikan dengan kemampuan kantong kita. Buktinya, pengamen saja bisa membeli gitar akustik masa kita yang anak rumahan tidak sanggup beli gitar? Kan tidak mungkin. Juga tidak sedikit orang bisa bermain gitar walau hanya gitar akustik, tapi paling tidak sudah bisa buat ngiringin lagu sendiri di rumah. Atau malah buat surprise yang tersayang. Begitu banyak manfaat kalau kita bisa bermain gitar.

Tentunya saya akan berbagi tips dan cara bermain gitar secara otodidak untuk pemula. Bagi yang belajar gitarnya secara otodidak maupun yang punya guru boleh mengambil ilmu dari pengalaman saya belajar bermain gitar. Saya belajar gitar juga secara otodidak, jadi tidak ada alasan bermain gitar secara otodidak itu susah. Langsung saja simak artikel saya.

Peralatan :
1. Gitar ( punya sendiri atau boleh pinjam teman )
2. Buku yang berisi diagram kord bagi yang pemula dan tidak hafal kord ( kunci ) gitar.

Pertama, belajar gitar itu butuh niat dan ketekunan, pasalnya banyak yang belajar bermain gitar berhrnti di tengah jalan karena tidak kuat menghafal kord gitar yang begitu banyaknya. maka dari itu sobat harus menguasai kord yang akan digunakan, misalnya nada dasar dari lagu tersebut adalah do=C maka dasar dari kord yang akan dimainkan adalah C-F-G, sedangkan dasar kord minor adalah Am-Dm-Em.

Kedua, berusaha menghafal kord. Kord merupakan dasar bermain gitar maka diusahakan agar sobat tidak lupa dengan berbagai macam kord sehingga cara bermain gitar sobat bisa di lihat rapi dan dapat mengiringi lagu dengan baik dan benar. Untuk pemula atau baru pertama kali bermain gitar dan masih belum tahu apa - apa tentang kord gitar, sobat bisa menghafal macam-macam kord dasar saja. Karena kalau langsung semua kord baik major, minor dan kress dihafalkan nanti sobat akan pusing tujuh keliling dan membuat sobat putus asa. Berikut ini macam-macam kord dasar dalam gitar.

Kord dasar gitar
keterangan:
Yang diberi titik hitam itu adalah senar gitar yang di tekan ( posisi gitar berdiri tegak ). Mulai dari kanan senar nomor satu dan yang paling kiri senar nomor 6. Sesuaikan cara menekan senar gitar dengan kebiasaan sobat atau jangan mengacu cara menekan senar yang benar saja. Itu semua tergantung seperti apa kita memposisikan jari agar tidak kaku ketika kita pindah akord.

Mudah-mudah bukan akord-akord diatas? Itu masih dasar sobat, belum menginjak level mahir jadi jangan putus asa.

Ketiga, cobalah untuk latihan memindah kan jari ke akord lain. Misalnya yang mudah memindahkan jari dari kord Am ke kord Em atau C ke Em. Baru ke yang lebih sulit misalnya D ke G. Oh ya, gitarnya digenjreng juga lho sobat agar kita tahu irama yang dihasilkan sudah benar atau masih fals atau kurang enak didengarkan. Jika memang begitu, itu mungkin sobat kurang kuat menekan senar gitarnya. Jadi jika sobat baru pertama kali belajar bermain gitar, sobat harus siap jika jari kita sakit atau perih pada ujung-ujungnya karena sering untuk menekan senar gitar dengan keras. Kalau sudah begitu ujung jari sobat nanti akan kapalan. Tapi itu adalah awal yang baik, karena jika ujung jari kita kapalan waktu kita menekan senar gitar dengan keras juga tidak akan sakit. Untuk itu biasakan dulu jari sobat.

Keempat, cobalah memainkan lagu-lagu yang akordnya mudah untuk melatih keluwesan dan kelincahan jari-jari kita. Untuk cara menggenjreng gitarnya sesuaikan saja dengan tempo lagu yang sobat mainkan. Contoh lagu misalnya Peterpan - Semua Tentang Kita ( jangan latihan petikan dulu sebaiknya kita menggenjrengnya saja ).
C         G         Am           Em
Waktu terasa semakin berlalu

F         C         Am         G
Tinggalkan cerita tentang kita

 C         G        Am           Em
Akan tiada lagi kini tawamu

F                 C         Am         G
Tuk hapuskan semua sepi dihati

Akordnya itu bolak balik terus sampai REF mulai dari C sampai ke G kembali ke C lagi begitu seterusnya.

Jika sobat berhasil memainkan semua lagu itu sampai akhir berarti sobat sudah masuk sebagai pemain gitar level pemula. Jika sobat berlatih terus nantinya sobat juga akan naik ke level menengah yaitu yang sudah hafal dan bisa kunci berdiri dan beberapa kress. Atau sobat terus disiplin berlatih dan improvisasi akord ( membuat akord sendiri dengan romus akord ) sobat akan naik ke level mahir. Wah, sobat bisa menyamai idola saya Synyster Gates gitaris A7x yang bisa improvisasi dalam bermain melody.

Sekian dulu tutorial dari saya, kurang lebih seperti itulah ketika saya belajar bermain gitar secara otodidak. Pesan untuk sobat, jangan putus asa dan terus ber-improvisasi.



Tips dan Cara Bermain Gitar Secara Otodiak
Tips dan Cara Bermain Gitar Secara Otodiak - written by Unknown , published at 4:53 pm, categorized as Lain-lain . And have 10 komentar
10 komentar Add a comment
abie46
nice info gan, kunjungi balik ea www.abie46.com
Unknown
makasih gan, langsung meluncur ke tkp
Reply Delete
AGL - Team
Salam kenal semua, mohon izinkan saya berbagi link buat yg ingin memperdalam gitar scara lengkap dalam berbagai tehnik dan mengunduh materi untuk pemula, blues, jazz dlm bhs Indonesia silahkan klik www.gitarzoom.blogspot.com
terimakasih

Unknown
okelah gak apa-apa,.
berbagi dengan sobat blogger,,.
Reply Delete
Unknown
haha dari dulu gue pengen kayak synt :D
Unknown
mantap, belajar terus broo..
Reply Delete
Anonymous
walah saya bunyikan kok suaranya beda beda ya?:|
Unknown
setiap akord kan memang beda-beda suaranya, atau jika satu akord dibunyikan tapi setiap dibunyikan bunyinya beda-beda berarti agan yng tidak konsisten menekan senar gitarnya
Reply Delete
Unknown
Mantep Gan capek gue cari akhirnya ketemu jugak nich
Reply Delete
Maz Majid
makasih tipsnya gan... di tunggu kunbalnya,,,, my blog
Reply Delete

> Berkomentarlah sesuai dengan topik yang dibahas
> Jangan memberi link aktif saat berkomentar
> Dilarang promosi suatu produk saat berkomentar
> Gunakan ID saat berkomentar
> Selamat berkomentar dan terimakasih karena telah berkomentar

Cancel Reply
GetID
//go.ad2up.com/afu.php?id=618162
Copyright ©2015 Ardias Blog
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->